Tips Mencegah Gusi Berdarah

Sunday, June 15, 2014

Menurut sebuah jurnal kesehatan yang pernah di publikasikan beberapa waktu yang lalu pada sebuah harian surat kabar terkemuka di Jawa Timur, diungkapkan bahwa gusi berdarah atau sebagian yang lain menyebutnya dengan askorbutum, merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tidak bisa diremehkan begitu saja karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius seperti gangguan jantung hingga gangguan pada jaringan syaraf pusat di otak. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa potensi gangguan kesehatan yang lebih serius ini bisa saja dipicu oleh terjadinya perpindahan bakteri, virus atau organisme patogen lain yang terbawa melalui jalur peredaran darah. Untuk meminimalkan resiko terjadinya gangguan kesehatan yang lebih serius, ada baiknya jika gangguan gusi berdarah ini sedapat mungkin dicegah. Bagaimanakah kiat dan tips mencegah gusi berdarah?

Kiat dan tips
Berikut beberapa kiat dan tips mencegah gusi berdarah yang bisa dijadikan pertimbangan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Vitamin C. Menurut salah seorang praktisi medis yang berdinas di sebuah rumah sakit pemerintah di Jawa Timur, diungkapkan bahwa pemenuhan asupan vitamin C harian tubuh hendaknya dicukupi. Lebih lanjut dikatakan bahwa senyawa turunan vitamin C yang ikut membentuk kolagen, merupakan materi krusial untuk mencegah perdarahan pada gusi.
  2. Kolagen. Selain mengkonsumsi asupan vitamin C dalam jumlah kebutuhan minimal yang disarankan, mengkonsumsi asupan makanan yang tinggi kadar kolagen juga sebaiknya dilakukan agar ketersediaan kolagen dalam tubuh untuk mempertahankan elastisitas dan kekuatan ikatan antar jaringan tercukupi. Sebagian besar kolagen tersusun atas molekul protein, sehingga konsumsi ikan laut beserta aneka olahannya dan kedelai sebaiknya ditingkatkan.
  3. Jaga kebersihan gigi dan gusi. Gusi berdarah juga bisa dipicu oleh aktifitas bakteri dan organisme patogen lain yang berkembang dan tumbuh pada bagian gigi yang kurang dijaga kebersihannya, terutama pada sepanjang garis gigi dan gusi. Lakukan kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan untuk memperkecil potensi terjadinya perdarahan pada gusi akibat penumpukan plak atau karang gigi pemicu perkembang-biakan bakteri.
Demikianlah beberapa kiat dan tips mencegah gusi berdarah yang bisa dipertimbangkan. Segera lakukan tindakan penanganan untuk menghentikan perdarahan yang terjadi agar tidak memperbesar potensi terjadinya peradangan yang lebih parah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment


Ingin informasi lebih lanjut, isi form dibawah ini:


Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
 
Aneka Tips Cantik. Design by Pocket