Bentuk-Bentuk Wajah

Sunday, June 29, 2014

Tak ada yang sempurna di dunia ini, begitu pameo yang sering diucapkan dan didengar. Pameo ini sepertinya tidaklah berlebihan karena faktanya dibalik kelebihan yang dimiliki, pastilah terdapat kekurangan, termasuk diantaranya adalah bentuk dan anatomi bagian-bagian tubuh. Apa saja bentuk-bentuk wajah beserta kelebihan dan kekurangannya?

Jenis dan Macam
Berikut beberapa bentuk-bentuk wajah beserta kelebihan dan kekurangannya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Oval. Menurut salah seorang praktisi tata rias wajah dan rambut yang membuka booth di sebuah mall ternama di Surabaya, dikatakan bahwa wajah berbentuk oval atau bulat telur, ditandai dengan lebih lebarnya bagian dahi dibandingkan bagian pipi hingga ke daerah dagu dengan rasio antara garis mata dan dahi hampir sama dengan rasio antara garis mata dengan dagu. Lebih lanjut dikatakan bahwa bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah yang ideal karena cocok diaplikasikan dengan teknik make-up ataupun asesories apapun.
  2. Bulat. Bentuk wajah bulat ditandai dengan bagian dahi dan dagu yang lebih sempit bila dibandingkan dengan tulang pipi yang lebih lebar, sehingga bagian rahang atau garis rahang terkesan bulat. Garis rahang yang bulat ini akan mengesankan pipi tampak chubby atau gembul, sehingga pengaplikasian make-up lebih mengutamakan area mata, alis dan dahi yang disamarkan akan berkesan lebih lebar, sedangkan untuk area pipi digunakan riasan wajah yang lebih gelap.
  3. Hati. Wajah berbentuk hati ditandai dengan area dahi yang agak lebar, daerah tulang pipi yang lebih lebar kemudian tiba-tiba menyempit pada daerah dagu. Karena ukuran rasio perbandingan yang kurang seimbang, teknik pengaplikasian make-up dilakukan dengan mengoptimalkan riasan bagian antara mata, tulang pipi hingga daerah tulang rahang dengan menggunakan riasan warna cerah pada bagian atas dan warna netral pada bagian tengah wajah.
  4. Persegi atau kotak. Wajah berbentuk persegi ataupun kotak ditandai dengan bagian dahi, pipi dan dagu yang hampir sama lebarnya, sehingga garis rahang akan terlihat sejajar dan menonjol dengan jelas. Teknik pengaplikasian tata rias wajah dilakukan dengan menghindari make-up yang terlalu berat atau banyak variasi warna. Untuk bagian mata dan bibir sebaiknya menggunakan pewarnaan yang lebih gelap untuk menimbulkan efek ramping, sedangkan pada sekitar garis wajah, pergunakan warna yang lembut namun sedikit terang untuk memperhalus tampilannya.
Demikianlah beberapa bentuk-bentuk wajah beserta kelebihan dan kekurangannya dalam teknik pengaplikasian make-up yang tepat. Selamat bereksperimen dengan berbagai teknik tata rias wajah untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat.

1 comments:

Mason said...

Apakah bentuk wajah juga menunjukkan kepribadian ?

Post a Comment


Ingin informasi lebih lanjut, isi form dibawah ini:


Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
 
Aneka Tips Cantik. Design by Pocket